Monday, October 24, 2016

Contoh DFD Gane Sarson

Data Flow Diagram (DFD) adalah suatu diagram yang menggunakan notasi-notasi untuk menggambarkan arus dari data pada suatu sistem, yang penggunaannya sangat membantu untuk memahami sistem secara logika, tersruktur dan jelas. DFD sangat mirip dengan Flowchart.
DFD merupakan alat bantu dalam menggambarkan atau menjelaskan proses kerja suatu sistem.


Suatu yang lazim bahwa ketika menggambarkan sebuah sistem kontekstual data flow diagram yang akan pertama kali muncul adalah interaksi antara sistem dan entitas luar. DFD didesain untuk menunjukkan sebuah sistem yang terbagi-bagi menjadi suatu bagian sub-sistem yang lebih kecil dan untuk menggarisbawahi arus data antara kedua hal yang tersebut diatas. Diagram ini lalu "dikembangkan" untuk melihat lebih rinci sehingga dapat terlihat model-model yang terdapat di dalamnya.

Berikut Contoh DFD Gane Sarson : 
System Pendaftaran Kuliah di PCR
Untuk mempermudah para calon mahasiswa melakukan pendaftaran di PCR, maka pihak kampus membuat sebuah sistem informasi yaitu sistem pendaftaran kuliah di PCR.
Dimana siswa bisa mendaftar dengan mengambil formulir kesistem atau bisa mendatangi kampus. System mendapatkan data dari bank untuk pendataan kalau calon mahasiswa telah membayar pendaftarannya, jika belum maka mahasiswa tidak bisa mengikuti test. kemudian system bisa mengecek database calon mahasiswa.
System akan memberikan data-data calon mahasiswa ke Rektor dan juga Ketua Yayasan.


Konteks Diagram ( level – 0 )


Diagram level – 1


Diagram level – 2


Diagram level – 3


Load disqus comments

0 comments