Friday, October 27, 2017

Organisasi di Indonesia Beserta Sejarah


Sebutkan dan jelaskan Organisasi di Indonesia
Organisasi profesi merupakan organisasi yang anggotanya adalah para praktisi yang menetapkan diri mereka sebagai profesi dan bergabung bersama untuk melaksanakan fungsi-fungsi sosial yang tidak dapat mereka laksanakan dalam kapasitas mereka sebagai individu.
Organisasi Profesi yang ada di Indonesia :

1.  Organisasi Profesional

Organisasi profesional adalah suatu organisasi, yang biasanya bersifat nirlaba, yang ditujukan untuk suatu profesi tertentu dan bertujuan melindungi kepentingan publik maupun profesional pada bidang tersebut. Organisasi profesional dapat memelihara atau menerapkan suatu standar pelatihan dan etika pada profesi mereka untuk melindungi kepentingan publik.

2. Asosiasi Guru Penulis Indonesia

Asosiasi Guru Penulis Indonesia (disingkat AGUPENA) adalah organisasi di Indonesia yang anggotanya para guru/pensiunan guru, dosen/pensiunan dosen dan tenaga kependidikan/pensiunan tenaga kependidikan yang memiliki minat dalam kepenulisan dibentuk untuk membantu pemerintah dalam rangka membangun peradaban dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui kegiatan penulisan karya tulis yang bersifat fiksi/nonfiksi, karya ilmiah atau pun karya sastra maupun bahan ajar yang mengandung nilai-nilai agama, moral, etika, estetika, akhlak mulia, pengembangan dan penguasaan teknologi yang selaras dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional dan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

3. Grup Fisikawan Teoritik Indonesia

GFTI atau Grup Fisikawan Teoritik Indonesia (Indonesian Theoretical Physicist Group) adalah organisasi informal komunitas fisika teoritik di Indonesia dikelola secara murni virtual tanpa kepengurusan yang tetap sesuai dengan organisasi modern di era dijital.

4. HFI - Himpunan Fisika Indonesia (Indonesian Physical Society - IPS),adalah organisasi profesi ilmiah untuk bidang FISIKA yang telah berdiri sejak 17 Agustus1973.

5. Ikatan Arsitek Indonesia (IAI bahasa Inggris:Indonesian Institute of Architects) adalah organisasi profesi arsitek di Indonesia.

6. Ikatan Dokter Indonesia disingkat IDI adalah organisasi profesi kedokteran di Indonesia.

7. Ikatan Naturopatis Indonesia (IKNI) adalah organisasi profesi sin she atau pengobatan naturopatis Indonesia di mana IKNI (dahulu l.N.I) merupakan wadah perkumpulan para sinshe, seperti organisasi profesi dokter. IKNI bertugas mengurus soal etika dan membantu para sinshe untuk berkomunikasi dengan sesama sinshe dan dengan pemerintah, termasuk dalam pengurusan izin praktik mereka. Tugasnya Organisasi ini bertujuan melestarikan pengetahuan pengobataan tradisional Tionghua, hingga mereka membuka pengajaran bagi yang berminat untuk belajar tentang pengetahuan pengobatan tradisional Mandarin.

8. Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) tugasnya untuk menggabungkan seluruh unsur pustakawan dalam satu asosiasi

9. Ikatan Sarjana Biblika Indonesia (ISBI) adalah organisasi profesi ilmiah di bidang ilmu teologi, dan secara khusus di bidang biblika di Indonesia.

10. Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia atau disingkat ISFI adalah organisasi apoteker di Indonesia

11. Ikatan Wartawan Online dikenal pula dengan nama IWO adalah organisasi profesi pers yang menaungi wartawan dan pemilik media siber (online)

12. MKI - Masyarakat Komputasi Indonesia (Indonesian Computational Society) adalah organisasi profesi ilmiah yang memayungi komunitas komputasi sains di Indonesia

13. PERDAMI (Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia atau Indonesian Ophthalmologist Association) adalah organisasi profesi dokter spesialis mata yang sampai saat ini terdiri dari sekitar 1.200 orang dokter mata dari seluruh Indonesia.

14. Perhimpunan Advokat Indonesia atau yang disingkat PERADI adalah salah-satu organisasi profesi advokat yang sah di Indonesia

15. Perhimpunan Fitopatologi Indonesia adalah organisasi profesi yang mewadahi para ahli ilmu penyakit tumbuhan di Indonesia.

16. Persatuan Ahli Farmasi Indonesia disingkat PAFI adalah organisasi yang menghimpun tenaga ahli farmasi profesi Asisten Apoteker (AA) seluruh Indonesia, sekarang disebut Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK)

17. Persatuan Wartawan Indonesia selanjutnya dikenal dengan nama PWI adalah organisasi profesi wartawan pertama di Indonesia

18. Persatuan Wartawan Republik Indonesia selanjutnya dikenal dengan nama PWRI; adalah organisasi profesi bagi para wartawan di Indonesia

19. Global System for Mobile Communications Association adalah asosiasi yang mewadahi kepentingan operator telekomunikasi di seluruh dunia, khususnya operator telekomunikasi yang bergerak di bidang teknologi Global System for Mobile (GSM)

Sejarah terbentuknya Organisasi TI di Indonesia
Di indonesia sudah berdiri sebuah organisasi profesi di bidang komputer sejak tahun 1974 yang bernama IPKIN. Pada awal berdirinya, IPKIN memang bukan merupakan organisasi profesi. IPKIN saat itu merupakan singkatan dari Ikatan Pengguna Komputer Indonesia, yang beranggotakan para praktisi pengguna komputer di indonesia. Namun seiring perkembangan IPKIN berganti dengan nama menjadi Ikatan Profesi Komputer dan Informatika Indonesia (Indonesia Computer Seciott – ICS).
IPKIN berkedudukan di ibukota Indonesia, Jakarta dan didirikan tepatnya pada 18 April 1974. Dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, disebutkan bahwa IPKIN merupakan organisasi masyarakat profesionalisme dalam bidang anggota komputer dan informasi serta merupakan suatu organisasi yang berstatus independen.

Load disqus comments

0 comments